Cara Akses Bersama Aplikasi Dapodik Di Komputer Lain Menggunakan Jaringan LAN

Cara Akses Bersama Aplikasi Dapodik Di Komputer Lain Menggunakan Jaringan LAN – Berdasarkan Permendikbud Nomor 11 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah digabung menjadi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Perubahan struktur ini turut memengaruhi kegiatan pendataan yang telah berjalan pada Dapodikdas dan Dapodikmen. Sehingga, penyatuan kegiatan pendataan menjadi suatu keniscayaan. Akhirnya, Dapodikdasmen menjadi sistem pendataan yang terintegrasi dan mencakup tiga entitas pendidikan jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB.
Untuk menjalankan aplikasi dapodik bisa menggunakan perangkat (PC / Laptop)  tunggal, bisa juga dikerjakan secara bersama-sama ( sharing) menggunakan sistem jaringan. Pengisian data dapodik melalui jaringan bisa dilakukan tiga cara :
  1. Menggunakan kabel LAN dan Switch Hub
  2. Menggunakan Wireless Access Point
  3. Menggunakan koneksi peer to peer / AD-Hoc
  4. Menggunakan Jaringan internet dengan memanfaatkan IP Publik
Kenapa cara akses bersama aplikasi dapodik ini sangat penting ? Seiring dengan dengan banyak dan beragamnya data yang dibutuhkan dari satuan pendidikan menyebabkan tugas operator sekolah semakin berat kalau hanya dibebankan pada satu orang saja. Tugas operator akan sangat diringankan bila dibentuk tim yang bisa berbagi tugas dan bekerjasama menyelesaikan entri data yang ada di dapodik. Peran guru dan tenaga pendidika pun penting untuk menjaga kualitas validitas data.
Munculnya menu isian nilai rapor dan nilai US dan USBN pada aplikasi dapodik 2017 merupakan sebuah alasan peninjauan kembali managemen pingisian dapodik yang sebelumnya diserahkan ke operator, sekarang perlu melibatkan guru karena dari merekalah nilai berasal. Aplikasi dapodik 2017 sudah dilengkapi dengan pembuatan akun PTK, sehingga dengan menggunakan akun tersebut guru dan tenaga pendidikan bisa melakukan akses untuk melakukan entri atau edit data pada aplikasi dapodik.

Nah bagaimana pengaturan cara akses bersama aplikasi dapodik di komputer lain mengunakan jaringan LAN dilakukan ? Apa saja yang perlu disiapkan ? Sebaiknya kita perlu mengetahui topologi jaringan yang menghubungkan komputer tempat instalasi dapodik (server dapodik) dengan komputer lain (client) yang digunakan untuk mengakses dapodik.

Komputer Server

Komputer server adalah komputer tempat instalasi dapodik dilakukan. Komputer server sebaiknya memiliki spesifikasi yang handal karena dari komputer inilah akses dapodik dilakukan bisa dilakukan di komputer/laptop lain. Jika RAM dan prosesornya tidak mumpuni menyebabkan akses di komputer lain menjadi lambat dan jumlah clientnya pun terbatas. Komputer ini harus kita buat statis IP-nya sehingga untuk akses dari komputer lain, kita cukup panggil IP tertentu dari komputer server. Jika komputer server dapodik menggunakan win 10, klik kanan icon windows di pojok kiri bawah pilih Network Connection – ethernet – properties – Internet Protocol Version 4 (TCP/IPV 4) . Jika menginginkan IP komputer server 192.168.1.2 dan IP Modem/Routernya 192.168.1.1 maka pengaturannya seperti gambar di bawah ini :

Hub / Switch

Hub / Switch merupakan sebuah terminal untuk memecah sinyal data dari komputer server ke banyak client.

Kabel RJ45

Kabel inilah yang digunakan untuk menghubungkan antara komputer server – Hub – Client.

Komputer Client

Komputer inilah yang diguakan untuk memanggil dapodik dari komputer server. Untuk akses dapodik cukup buka browser (Mozilla Firefox/Chrome) kemudian ketikkan alamat IP server ditambah port dapodik. Formatnya adalah sebagai berikut ini :
 
IPKomputerServer:5744
 
 

jika sebelumnya sudah ditentukan bahwa IP statisnya dalah 192.168.1.2:5774 dan tampilannya adalah sebai berikut :

Router/Akses Point

Alat ini digunakan jika ingin mengakses dapodik menggunakan jaringan Wifi. Jika tidak menggunakan wifi, maka alat ini bisa ditiadakan.
Demikian tutorial sederhana tentang Cara Akses Bersama Aplikasi Dapodik Di Komputer Lain Menggunakan Jaringan LAN. Nah cukup mudah bukan. Semoga bermanfaat.

Add a Comment