Cara Buka Dapodik 2018 Secara Online

Pada kesempatan ini akan kami sajikan informasi tentang panduan bagaimanakah cara buka dapodik 2018 secara online sehingga bisa diakses dimanapun menggunakan jaringan internet, walaupun server dapodik berada di sekolah. Dapodik merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data dan informasi pembelajaran, sarana dan prasarana, kelembagaan, dan peserta didik jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Aplikasi Dapodik Versi 2018 ini dikemas dalam bentuk installer yang dapat digunakan oleh semua jenjang pendidikan di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah yaitu jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah Luar Biasa (SLB).

Pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2018 terdapat perubahan yang cukup signifikan dengan penggunaan database versi baru, pembaruan beberapa fitur dan juga penambahan fitur baru, validasi data, serta perbaikan beberapa bug versi sebelumnya. Pembenahan-pembenahan tersebut sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas data Dapodik dan juga upaya untuk melakukan sinkronisasi terhadap aturan/regulasi yang berlaku, serta menyelaraskan terhadap prosedur dan mekanisme pemanfaatan data Dapodik untuk berbagai transaksi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Seiring dengan berbagai penambahan fitur yang ada pada dapodik 2018 menyebabkan tugas dan beban operator semakin berat. Maka diperlukan managemen pengisian dapodik yang memungkinkan aplikasi tersebut bisa diakses secara bersama-bersama dan tidak tergantung secara mutlak oleh peran operator tunggal. Seperti diketahui aplikasi dapodik bisa dibuka menggunakan laptop/komputer tunggal, bisa juga menggunakan sistem jaringan. Pengisian data dapodik melalui jaringan bisa dilakukan empat cara :

  1. Menggunakan kabel LAN dan Switch Hub
  2. Menggunakan Wireless Access Point
  3. Menggunakan koneksi peer to peer / AD-Hoc
  4. Menggunakan Jaringan internet (Online) dengan memanfaatkan IP Publik

Cara akses dapodik menggunakan kabel LAN dan Switch Hub bisa dibaca melalui tulisan berikut :

Cara Akses Bersama Aplikasi Dapodik Di Komputer Lain Menggunakan Jaringan LAN

Berikut ini kami sajikan bagaimana cara melakukan berbagai pengaturan pada komputer server tempat instalasi aplikasi dapodik (server dapodik) agar bisa dibuka dan diakses secara online melalui internet. Sebelum melakukan berbagai pengaturan pada komputer server maupun modem, perlu dipastikan dulu bahwa komputer server dapodik terhubung dengan internet yang memiliki fasilitas IP publik. Salah satu provider yang memiliki fasilitas IP publik adalah Telkom Indihome. Cukup berlangganan Indihome paket 10 MBPS kita sudah bisa mendapatkan fasilitas IP publik tersebut yang sifatnya dinamis.

Bagaimanakah Cara Buka Dapodik 2018 Secara Online ?

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

    1. Pengaturan Komputer Server Dapodik
      • Pada komputer server sebagai tempat instalasi Aplikasi dapodik diset menggunakan IP statis.
      • Jika Modem Router menggunakan IP 192.168.1.1 sebagai host-nya maka settinglah IP komputer server Dapodik 2018 dengan IP Statik misalnya 192.168.1.2. Jika Anda merasa kesulitan untuk mengaturnya, silahkan ke control panel – Network and sharing center – Change Adapter Settings – Ethernet – Internet Protocol Version V4 (TCP/IPv4).
      • Pengaturan IP Client yang digunakan untuk mengakses Router/Modem bisa menggunakan DHCP dengan rentang IP 192.168.1.3 – 192.168.1.254
    2. Pengaturan Modem/Router
      • Pengaturan modem/router agar dapodik pada komputer server bisa dibuka secara online melalui jaringan internet dapat dilakukan dengan dua metode, yaitu :
        1. mengaktifkan fitur DMZ Host
        2. Port Forwarding
      • Melalui tulisan ini kami sajikan pengaturan modem/router dengan metode mengaktifkan fitur DMZ host karena lebih sederhana.
      • Pengaturan fitur DMZ host untuk modem satu dengan modem lainnya bisa berbeda, namun intinya sama. Pada kesempatan ini saya memberikan contoh modem yang dipakai adalah ZTE F660 atau ZTE F609 karena kedua modem tersebut merupakan modem bawaan saat kita berlangganan internet fiber optic Telkom Indihome. Silahkan masuk ke pengaturan modem/router Anda, jika memakai modem/router ZTE F660 atau ZTE F609 secara defauit alamatnya adalah 192.168.1.1, kemudian masukkan user dan passwordnya. Cari fitur DMZ host, dan jika telah ditemukan cara setingnya seperti gambar berikut : 
    3. Mengetahui IP Publik
      • agar dapat membuka atau mengakses aplikasi dapodik 2018 secara online dimanapun menggunakan jaringan internet, maka dibutuhkan IP Publik sebagai alamat yang digunakan untuk memanggil aplikasi tersebut. Untuk mengetahui ip publik caranya sangat sederhana, silahkan buka whatsmyip.com. Jika tampilannya seperti ini maka ip publik jaringan internet Anda  adalah 125.164.118.128.
      • Jika sudah mendapatkan IP Publiknya maka langsung kita bisa membuka aplikasi dapodik 2018 menggunakan jaringan internet dengan format web address : IPPublik:5774 , sehingga jika kita memakai IP Publik di atas maka alamat yang digunakan untuk buka dapodik 2018 secara online adalah 125.164.118.128:5774 , Berikut ini tampilannya :
    4. IP Dinamis
      • Sebenarnya sampai langkah ketiga di atas kita sudah selesai melakukan penyetingan agar dapodik bisa dibuka atau diakses secara online, namun kita nanti pada akhirnya harus direpotkan karena mendapatkan IP publik yang terus berubah (dinamis). Nah untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya pengaturan tambahan agar IP Dinamis yang kita gunakan sebagai alamat untuk membuka dapodik dapat digantikan dengan sebuah alamat tunggal yang tetap.
      • Jika komputer server dapodik 2018 menggunakan jaringan internet indihome, untuk menyiasati IP Dinamis ini disediakan sebuah layanan untuk mengenali IP Dinamik otomatis dengan menggunakan Dynamic Domain Name Server (DDNS). Untuk mendapatkan layanan ini cukup dengan membuat akun dan meregristrasikan jaringan indihome kita melalui alamat : https://ip-dynamic.com/ . Siapkan data-data seperti email dan nomor Indihome/telepon jaringan indihome yang terhubung dengan komputer tempat dapodik 2018 terinstall. Saat menambahkan jaringan indihome kita dengan DDNS melalui layanan ini, kita harus melakukannya di jaringan indihome tempat komputer server berada, karena https://ip-dynamic.com/ akan melakukan validasi identitas pendaftaran dengan data-data jaringan indihome yang diregistrasikan. Kita bisa mencoba memanfaatkan layanan ini gratis selama 30 hari, selanjutnya untuk tetap menggunakan layanan ini kita diwajibkan untuk berlangganan.
      • Nah jika sukses menambahkan jaringan Indihome kita ke DDNS layanan ini, maka kita mendapatkan domain yang bisa digunakan untuk mengakses komputer server dapodik kita. Misalnya setelah didaftarkan melalui layanan ini mendapatkan domain : 152330201035.ip-dynamic.com maka untuk membuka dapodik alamat yang kita ketikkan di browser adalah : 152330201035.ip-dynamic.com:5774 . Sangat mudah bukan ? jadi kita tidak perlu lagi mencari lebih dulu berapa IP jaringan indihome saat ini.

Langkah-langkah untuk membuat aplikasi dapodik 2018 bisa diakses secara online sudah selesai, namun akan sangat baik lagi jika bisa menghubungkan aplikasi tersebut dengan domain sekolah. Jadi akan sangat elegan jika alamat akses aplikasi dapodik merupakan sub domain sekolah, sehingga lebih mudah diingat dan lebih mudah untuk mengaksesnya. Bagaimanakah cara menghubungkan aplikasi dapodik dengan domain sekolah ?, nantikan posting kami selanjutnya. Demikianlah informasi cara buka dapodik 2018 secara online. Semoga bermanfaat.

2 Comments

Add a Comment

error: Content is protected !!