Cara Mudah Mengatasi Error UUID Already Exist di VirtualBox

Cara Mudah Mengatasi Error UUID Already Exist di VirtualBox | Penggunaan Virtual Machine dalam dunia teknologi komputer saat ini tidak dipungkiri menjadi suatu pemecahan masalah menyiasati keterbatasan infrastruktur dan sebagai alternatif penyederhanaan sumberdaya perangkat agar lebih praktis. VirtualBox menjadi pilihan kebanyakan pengguna karena gratis dan mudah digunakan. Sesuai dengan namanya VirtualBox merupakan mesin virtual yang digunakan untuk instalasi mesin/komputer guest pada komputer induk atau host.

Penggunaan VirtualBox di Indonesia belakangan ini sangat marak, terutama di dunia pendidikan. Computer Based Test (CBT), adalah sebuah platform salah satu jenis model penilaian yang menggunakan media komputer atau gadget dalam pelaksanaan tes atau ujian. Model tersebut merupakan sebuah inovasi dari model sebelumnya yang menggunakan kertas sebagai media pelaksanaan tes atau Paper Based Test (PBT).

Aplikasi CBT biasanya berupa Virtual Hardisk (VHD) merupakan File Master yang mudah didistribusikan dari satu komputer ke komputer lain berisi paket Operating System yang disertai aplikasi tertentu untuk menjalankan CBT-nya. Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) menggunakan VHD dengan sistem operasi windows telah digunakan bertahun-tahun untuk pelaksanaan Ujian Nasional di tingkat SMP dan SMA. Sistem Operasi lain selain windows pun kini telah banyak dipakai sebagai operating system server CBT. Debian, Ubuntu, Centos, dan FreeBSD adalah contoh-contoh selain windows yang bisa digunakan sebagai operating system server CBT. Untuk aplikasi CBT yang paling umum digunakan pelaksanaan CBT di Indonesia adalah Moodle, WokaCBT dan BeeSmart.

Baca Juga : Download VHD Moodle 3.4.1+ On Debian 9 With Nginx – PHP7.2 FPM – MariaDB

Penggunaan dan pemakaian VHD yang berasal dari induk atau master yang sama dari satu kegiatan ke kegiatan lainnya seringkali dilakukan. Contohnya VHD Simulasi 3 dan simulasi 2 UNBK menggunakan master VHD dari simulasi 1 UNBK. Pada saat pemasangan VHD di seringkali muncul Error UUID Already Exist di VirtualBox, seperti gambar di bawah ini.

Kenapa muncul Error UUID Already Exist di VirtualBox ? Pesan error ini muncul karena di virtualbox tidak menghendaki lebih dari satu UUID yang sama terpasang di dalamnya. UUID (universally unique identifiers) adalah nomer unik yang dimiliki oleh master OS di mesin virtual. Kalau berasal dari master VHD yang sama walaupun sudah kita lakukan perubahan di dalamnya maka akan tetap terbaca serial atau UUID yang sama. Untuk mengatasi hal ini, ada dua pilihan cara yang bisa kita lakukan :

  1. Mengahapus Virtual Machine Lama di Virtualbox
  2. Mengubah Serial atau UUID VHD yang akan dipasang

Untuk lebih jelasnya bagaimana Cara Mudah Mengatasi Error UUID Already Exist di VirtualBox menggunakan 2 cara tersebut di atas, begini penjelasannya :

1. Menghapus Virtual Machine Lama di VirtualBox

Dengan menghapus Virtual Machine Lama di virtualbox akan mengatasi bentrok 2 UUID yang sama. Untuk melakukan hal ini caranya mudah, cukup klik kanan pada VM yang akan dihapus. Pilih hapus, maka akan muncul notifikasi seperti ini

Hati-hati dalam menghapus VM. Ada dua opsi hapus, Hapus semua berkas atau Hanya hapus . Jika kita mengharapkan hanya menghapus VM-nya tanpa menghapus File VHD, maka pilihHanya hapus , tapi kalau kita sudah tidak membutuhkan file VHD sebelumnya, maka pilih Hapus semua berkas. 

2. Mengubah Serial atau UUID VHD yang akan dipasang

Agar file VHD VM yang baru UUID-nya berbeda dengan file VHD lama, perlu dilakukan pengubahan UUID yang baru, caranya :

  1. Buka command prompt (ketik cmd di menu search di taskbar pojok kiri bawah)
  2. Ketikkan (atau copy/paste dengan klik kanan) di command prompt perintah berikut ini :
     cd C:\Program Files\Oracle\VirtualBox\

    kemudian tekan enter sehingga command prompt menjadi seperti ini

  3. Ketikkan (atau copy/paste dengan klik kanan) di command prompt perintah berikut ini :
    VBOXMANAGE.EXE internalcommands sethduuid “letakfilevhd” 

    letakfilevhd adalah posisi dimana tempat meletakkan file VHD. Misalnya jika file VHD memililiki path atau letak di D:\VirtualBox Data\Salinan vhd simulasi 2019\vhd simulasi 2019\VHD SIMULASI 2 UNBK 2019.vhd maka yang diketikkan adalah

    VBOXMANAGE.EXE internalcommands sethduuid “D:\VirtualBox Data\Salinan vhd simulasi 2019\vhd simulasi 2019\VHD SIMULASI 2 UNBK 2019.vhd”

    selanjutnya tekan enter

  4. Jika muncul UUID changed to : bla bla bla…., seperti gambar di atas maka UUID file VHD yang akan dipasang di virtualBox sudah berubah dan berbeda dari file induknya.
  5. Selesai

Mudah bukan, dengan mengetahui hal tersebut kita tidak akan dipusingkan lagi error atau kesalahan saat memasang VM akibat UUID yang sudah ada sebelumnya saat menggunakan virtualbox. Cara ini juga bisa dipakai untuk membuat beberapa file file turunan yang berasal dari satu master VHD yang sama. Misalnya saja kita buat file master VHD dengan OS Debian. Dari File tersebut misalnyakita akan membuat dua VM baru yaitu WordPress on Debian dan Moodle On Debian. Maka kita tinggal copy saja dari master VHD OS Debian kemudian kita rubah UUID-nya dengan cara di atas. Terima kasih telah membaca tulisan ini tentang Cara Mudah Mengatasi Error UUID Already Exist di VirtualBox , semoga bermanfaat.

Add a Comment