Cara Pasang VHD Moodle di Virtualbox

Cara Pasang VHD Moodle di Virtualbox – Teknologi virtualisasi saat ini semakin banyak digunakan, salah satu alasannya yaitu kepraktisan di tengah keterbatasan sarana dan prasarana. Virtualbox merupakan salah satu perangkat utama untuk menjalankan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Virtualbox dipasang di komputer server dan dijalankan menggunakan virtual hard disk berisi paket program yang nantinya bisa dipanggil oleh komputer client.

Moodle merupakan aplikasi pembelajaran berbasis web yang bisa dijalankan melalui internet (online) maupun intranet (offline). Untuk menjalankan moodle via online bisa dilakukan dengan cara memasang moodle pada server hosting, bisa juga menggunakan komputer server yang dipanggil menggunakan IP publik.

Pada tulisan sebelumnya telah kami berikan link download VHD Moodle yang dipasang pada Linux Ubuntu dan Debian. Dengan VHD tersebut Anda tidak tidak lagi perlu instalasi dari awal membangun server moodle menggunakan Linux. Anda cukup memasangnya di virtualbox, dengan sedikit pengaturan, Moodle sudah bisa dijalankan dan dipakai untuk pembelajaran.

Bagaimana cara memasang VHD Moodle di virtualbox ? Berikut ini panduannya :

1. Siapkan VHD Moodle

Untuk mendapatkan VHD Moodle kita bisa membuatnya sendiri menggunakan virtualbox atau bisa juga langsung memakainya menggunakan VHD yang sudah kami buatkan melalui dua link berukut ini :

Ektrak file VHD Moodle dengan password RAR sesuai dengan yang ada di dalam artikel tersebut.

2. Buka Virtualbox

  Lakukan penyetingan sebagai berikut :
  • Tekan New, beri nama VHD, pilih tipe Operating System dan version OS kemudian tekan next
  • Alokasikan ukuran RAM pada virtual machine, sesuaikan dengan spesifikasi komputer server Anda. Selanjutnya tekan Next
  • Pilih use existing hard disk file, cari lokasi VHD, dan tekan opendan jika sudah dipilih open, selanjutnya tekan create
  • Lakukan penyetingan jaringan seperti langkah pada gambar :
  • Untuk Menjalankan Moodle di Debian, Debian yang berisi moodle harus dijalankan, dengan tekan start

Sehingga muncul seperti ini :

3. Jalankan Moodle

Buka browser dan masukkan URL Moodle

Selesai.

Demikian petunjuk singkat tentang Cara Pasang VHD Moodle di Virtualbox. Semoga bermanfaat.

4 Comments

Add a Comment