Soal, Kunci dan Pembahasan UN Bahasa Indonesia SMA 2018

Soal, Kunci dan Pembahasan UN Bahasa Indonesia SMA 2018Ujian Nasional sudah di depan mata, pemerintah melalui Badan Standarisasi Nasional Pendidikan  (BNSP) telah menerbitkan POS (Prosedur Operasi Standar) Ujian Nasional beberapa waktu yang lalu. Pada POS tersebut telah dijelaskan berbagai macam regulasi tentang pelaksanaan Ujian Nasional tahun pelajaran 2018/2019 mulai dari tingkat SMP sampai dengan SMA.

Pada POS UN tersebut disebutkan bahwa pelaksanaan UN ada dua pilihan sistem, yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) untuk jenjang SMP dan SMA. Pelaksanaan Ujian Nasional jenjang SMA akan dilaksanakan pada hari Senin, Selasa, Rabu, dan Senin tanggal 1, 2, 4 dan 8 April 2019. Nah dengan waktu tersebut sangat diperlukan kosentrasi belajar untuk kesiapan menghadapi soal-soal pada tiap mata pelajaran UN yang dihadapi nanti.

Untuk membantu mempersiapkan diri menghadapi soal-soal Ujian Nasional SMA berikut ini kami akan menyajikan Soal, Kunci dan Pembahasan UN Bahasa Indonesia SMA 2018 . Pada bagian pertama disajikan butir soal dan kunci soal UN Bahasa Indonesia tahun 2018 sejumlah 50 soal sesuai dengan soal asli Ujian Nasional sebenarnya. Pada bagian kedua disajikan tips dan trik pembahasan soal sulit bahasa Indonesia.

Soal dan Kunci UN Bahasa Indonesia SMA tahun 2018

No. Butir Soal Kunci
1. Cermati kutipan berikut!

Setelah sampai di halaman, pengantin dibawa orang masuk. Dari bilik tengah yang dihiasi dengan indah, semerbak bau yang harum. Sesudah diadakan acara “membuka pintu” yaitu dengan lagu-lagu yang nyaring tinggi, yang berbalas-balasan dari pihak yang datang dan yang menanti, maka pintupun dibuka. Saat itu pengantin perempuan diangkatlah dia oleh perempuan tua yang menjaganya, lalu keduanya didudukkan bersanding di atas puadai. Semua memuji-muji pengantin karena keduanya didudukkan sebanding benar, sebagai cincin dan permatanya.

Kalimat resensi yang menunjukkan keunggulan sesuai dengan kutipan termasuk adalah….

  1. Sesuatu hal biasa adalah tempat duduk untuk pengantin pasti akan dihias dengan sangat indahnya.
  2. Acara “buka pintu” adalah suatu acara adat budaya yang dimiliki beberapa suku di Indonesia di Indonesia untuk perkawinan.
  3. Dalam acara adat perkawinan, pengantin perempuan biasanya didampingi seorang wanita tua sebagai penjaganya.
  4. Hal yang menarik adalah pengarang mengangkat budaya perkawinaan yang menggunakan acara “buka pintu”.
  5. Akan lebih menarik bila dalam cerita ini pengarang juga menampilkan kutipan syair atau pantu “buka pintu”.
D
2. Lebih tidak enak lagi kalau orang itu adalah Parmin. Tukang kebun yang rajin dan tak banyak cakap itu. Yang kerjanya cekatan, dengan wajah yang senantiasa memancarkan kesabaran. Tak pernah kedapatan sedikit saja membayang kemarahan pada wajah itu. Namun, tertawa berkepanjangan pun jarang lepas dari mulutnya. Senyum, itu saja. Senyum yang bisa muncul pada banyak kesempatan. Saat ia bicara. Saai ia menerima tugas, menerima gaji. Juga saat Mami memberi tahu bahwa gaji akan dibayarkan terlambat.

Pendeskripsian watak tokoh Parmin yang penyabar dalam kutipan cerpen tersebut diungkapkan melalui ….

  1. Gambaran fisik tokoh
  2. Tingkah laku tokoh
  3. Tanggapan tokoh lain
  4. Uraian pengarang
  5. Suasana sekitar tokoh
B
3. Pembuktian latar suasana kekaguman dalam kutipan cerpen tersebut adalah …
  1. Parmin tukang kebun yang rajin dan pendiam.
  2. Parmin selalu tersenyum di setiap kesempatan.
  3. Parmin tidak pernah tertawa berkepanjangan.
  4. Parmin tidak marah pembayaran gajinya terlambat.
  5. Parmin menerima tugas sekaligus pembayarannya.
B
4. Cermatilah kutipan cerpen berikut

Satu jam berlalu, kami terdiam dan terhanyut dalan angan masing-masing. Persoalan yang kami hadapi saat ini benar-benar di luar batas kemampuan. Tapi aku yakin bahwa Tuhan tidak akan memberi cobaan melebihi kemampuan hambaNya. Namun, Ranti istriku, tetap ngotot dan terus menerus mendesakku. Kami masih tetap terdiam, aku berdiri dan berjalan ke sana-ke mari. “Jangan hanya mondar-mandir, Mas, cepat cari jalankeluar, kepalaku rasanya mau copot, lagi pula persoalan ini tidak bisa menunggu, harus segera cari pinjaman, karena kalau hujan hujan turun dengan lebat takutnya rumah ini akan rubuh.”

Konflik dalam kutipan tersebut adalah….

  1. saling gotot tidak mau mengalah
  2. istri yang tidak sabar
  3. sulit mencari jalan keluar
  4. butuh pinjaman uang
  5. suami menyerah pada keadaan
B
5. Cermatilah kutipan cerpen berikut

Satu jam berlalu, kami terdiam dan terhanyut dalan angan masing-masing. Persoalan yang kami hadapi saat ini benar-benar di luar batas kemampuan. Tapi aku yakin bahwa Tuhan tidak akan memberi cobaan melebihi kemampuan hambaNya. Namun, Ranti istriku, tetap ngotot dan terus menerus mendesakku. Kami masih tetap terdiam, aku berdiri dan berjalan ke sana-ke mari. “Jangan hanya mondar-mandir, Mas, cepat cari jalankeluar, kepalaku rasanya mau copot, lagi pula persoalan ini tidak bisa menunggu, harus segera cari pinjaman, karena kalau hujan hujan turun dengan lebat takutnya rumah ini akan rubuh.”

Keterkaitan isi kutipan dengan kehidupan sehari-hari adalah….

  1. Suami biasanya tidak peduli dengan masalah rumah tangga.
  2. Seorang istri menuntut suami untuk mencari penghasilan tambahan.
  3. Istri lebih emosional dalam mengatasi permasalahan daripada suami.
  4. Perlu pinjaman dana yang besar untuk memperbaiki rumah.
  5. Selalu ada jalan bila kita berusaha untuk memperbaiki rumah yang rubuh.
C
6. Cermatilah teks berikut untuk nomor 6 dan 7!

Teks 1

Panas terik masih terus memenggang kampungnya, juga kampung-kampung lain di pinggir sungai itu mengepul dari hutan-hutan di luar kampung yang sudah banyak terbakar. Hampir setiap hari pula ia mendengar suara mesin penebang kayu meraung-raung, tidak siang tidak malam, dan beberapa hari kemudian kayu yang sudah dirajang dengan rapi, baik berbentuk papan maupun batangan segi empat dikeluarkan oleh serombongan kerbau dari hutan. Sampai di pinggir sungai ada orang yang mengikatnya dengan tali atau kawat dan kemudian kayu dalam jumlah besar dialirkan ke arah hilir sungai dan dikendalikan oleh kepompong bermesin diesel. Hampir dalam setuap hari dalam panas yang memanggang kampung itu, hal seperti itu terjadi; raungan gergaji, sepanjang hari, suara pohon tumbang, kayu yang ditarik kerbau keluar dari hutan menuju pinggir sungai.

Teks 2

Guntingan Koran itu masih ada di mejanya. Tidak semua koran menulis tentang peristiwa itu, hanya beberapa. Yang beberapa itulah yang membuatnya tersentak. Ada yang nyeri dalam dadanya, ada yang hampa dalam jiwanya. Benarkah berita itu? Tidaklah salah koran-koran itu menulis tentang hilangnya lelaki yang terbawa arus sungai. Yang menenggelamkan beberapa kampung di Indrairi? “Ini pasti bohong! Teriaknya histeris. Ada beberapa orang di sampingnya, juga Rustaman dan Handoko. “ Paling tidak kita bisa mengecek kebenarannya…harus ke sana Alia.” Yang ini suara Rustaman. Alia, masih menangis tanpa suara, hanya suara, hanya isakan. “Tapi dia tidak mungkinmati. Kalau dia harus mati, sudah… dulu dia mati. Dia tak akan mati.”

Persamaan unsur intrinsik dalam kutipan tersebut adalah….

A. berlatar suasana yang tidak menyenangkan

B. bertema lingkungan hidup

C. menggunakan sudut pandang yang pertama

D. berlatar tempat di sebuah kampung

E. watak tokoh utama penakut

A
7. Ringkasan isi cerita pada teks 1 adalah….
  1. Di sebuah kampung dekat pinggir sungai yang dipanggang matahari akibat penebangan kayu/ pohon terlihat beberapa kerbau keluar hutan menuju pinggir sungai menarik kayu-kayu ilegal.
  2. Hampir setiap hari pula ia mendengar suara mesin penebang kayu meraung-raung, tidak siang tidak malam. Dan beberapa hari kemudian kayu-kayu dikeluarkan oleh serombongan kerbau dari hutan.
  3. Hampir setiap hari, dalam panas yang memanggang kampung ini, hal seperti itu terjadi, raungan gergaji terus-menerus.
  4. Panas terik masih terus memanggang kampungnya di pinggir sungai itu. Asap mengepul dari hutan-hutan yang sudah banyak terbakar di pinggir kampong.
  5. Suasana kampung di pinggir sungai, ada orang yang mengikat kayu dengan tali atau kawat dan dialirkan ke arah hilir sungai.
A
8. Cermatilah kutipan cerpen berikut!

(1) Matahari sedang mencium lembah-lembah gunung ketika aku terbangun di pagi itu. (2) Aku terpaku menikmati pemandangan desa yang sungguh menawan, Takkan kutemukan semua ini di hiruk pikuknya kota. (3) Penduduk desa yang masih bersahaja, saling senyum dan bertegur sapa. (4) Mereka bersama-sama turun ke sungai. (5) Sungai yang airnya masih jernih, jauh dari tercemar.

Kalimat bermajas pada paragraf tersebut terdapat pada nomor…

  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)
  5. (5)
A
9. Nilai sosial dalam kutipan tersebut adalah…
  1. Pemandangan alam desa yang sangat indah di pagi hari.
  2. Pegunungan yang masih diselimuti awan.
  3. Kehidupan desa yang bersahaja dengan penduduknya yang ramah.
  4. Sungai-sungai di desa yang jernih jauh dari pencemaran.
  5. Hiruk pikik kotayang tidak ditemukan di desa.
C
10. Cermatilah teks berikut!

Manchester kaya akan museum. Salah satunya adalah Imperial War Museum North yang berhasil mengalahkan daya tarik Museum London dengan dukungan teknologi interaktifnya. Sementara itu, Manchester Art Gallery yang baru-baru ini mengalami pemugaran dan perluasan hampir dua kali lipat dari luas sebelumnya, dikenal dengan karya-karya seni Pra-Raphaelite, seni dekoratif seperti kaca, perkakas logam, porselen, perak, dan perabot lainnya. Hal terbaru yang membuat fenomena museum di Manchester makin kuat adalah dibukanya museum Sepak Bola Nasional. Bangunan kaca segitiga ini menyimpan koleksi seragam sepak bola hingga bola Piala Dunia yang ditandatangani serta memorabilia lainnya. Tapi keunggulan utamanya adalah dalam menjelaskan sejarah sepak bola dan pentingnya sepak bola di mata penggemarnya.

Penilaian terhadap isi teks tersebut adalah…

  1. Manchester adalah sebuah kota yang dipenuhi dengan museum yang mempunyai sejarah bertaraf internasional dari berbagai bidang.
  2. Manchester memang terkenal dengan sepak bolanya yang dipelopori oleh kesebelasan terkenal Manchester United.
  3. Meskipun namanya museum Sepak Bola Nasional, tetapi isinya adalah sejarah sepak bola dan kesebelasan sepak bola sedunia.
  4. Perluasan dan pemugaran museum sebagai sarana lainnya pengetahuan mutlak diperlukan bila sebuah negara ingin diakui oleh Negara lainnya.
  5. Kecuali museum seni dan museum olahraga, Manchester juga memiliki museum perang yang sangat lengkap melebihi museum di London.
C

 

Klik Next untuk melanjutkan soal berikutnya

No Responses

Add a Comment